Rabu, 20 Agustus 2014

Tentang Jurusan Ilmu Pemerintahan

Informasi Umum
Jurusan Ilmu Pemerintahan yang berdiri tahun 1968 dan telah terakreditasi A. Jurusan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keilmuan dan keterampilan yang komprehensif di bidang kepemerintahan. Dengan dukungan staf pengajar yang berkualifikasi Profesor, Doktor, dan Master, jurusan ini mencetak sarjana yang profesional. Jurusan Ilmu Pemerintahan  pernah mendapat Program Hibah Kompetensi Institusi dari Dikti tahun 2010, telah meluluskan lebih dari 3.000 alumni dan  bekerja di berbagai bidang seperti institusi publik, privat dan  jabatan di luar pemerintahan, termasuk di dunia politik (partai politik), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan Jurnalistik (wartawan).
Kurikulum jurusan ilmu pemerintahan menekankan pada penguatan tata kelola pemerintahan yang baik (strengthening local governance). Jurusan ini juga membekali mahasiswa dengan pengalaman lapangan berupa magang riset (Praktek Kerja Pemerintahan). Kerjasama telah dilakukan oleh jurusan ini baik dengan instansi pemerintah (KPP Propinsi Jawa Timur, Pemkot Malang, DPRD Kota Batu, DPRD Kota dan Kabupaten Malang, KPU Kota Malang), maupun LSM diantaranya (Lapinda Bidos, Indonesia Kita dan Putra Bangsa). Dilengkapi dengan laboratorium ilmu pemerintahan berbasis teknologi informasi, mahasiswa dapat mengakses dan mengembangkan potensi akademik dan praktek terkait dengan dinamika pemerintahan.


sumber : umm.ac.id

Visi, Misi dan Tujuan
  
Visi :
Menjadikan Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP-UMM sebagai pusat pendidikan dan pengembangan ilmu serta praktik pemerintahan untuk mendukung terwujudnya Good Governance sebagai perwujudan nilai-nilai Islam.
 
 
Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk mengembangkan pola piker,wawasan dan keterampilan mahasiswa dibidang ilmu pemerintahan yang berorientasi pada pemerintah daerah (local government).
  2. Mengembangkan riset dan kajian ilmu pemerintahan dan ilmu politik untuk mendukung terwujudnya tata kelola kepemerintahan dan ilmu politik untuk mendukung terwujudnya tata kelola kepemerintahan yang baik (good government).
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan demokratisasi dan  pemberdayaan masyarakat sipil (civil society).
  4. Meningkatkan jaringan kelembagaan yang berbasis teknologi komunikasi dan nformasi (TCI).
  5. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi keilmuan dan ketrampilan pemerintahan yang berakhlak mulia.
 
Tujuan :
Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi sarjana ilmu politik yang memiliki kualifikasi:
  1. Menguasai dasar-dasar ilmiah dan dasar-dasar ketrampilan di bidang Pemerintahan dan Politik.
  2. Mampu mendeskripsikan kenyataan praktis, terkait dengan kajian pemerintahan dan politik  secara komperehensif dan akurat.
  3. Mampu mengidentifikasikan permasalahan di bidang pemerintahan dan politik.
  4. Mewujudkan kehidupan berdemokrasi melalui pemberdayaan masyarakat sipil (civil society).
  5. Memiliki kepekaan dan tanggung jawab etik dalam mengemban amanah sebagai ilmuwan dan praktisi Ilmu Pemerintahan.
     
    sumber : umm.ac.id
     
    Keunggulan dan Perkembangan Prodi Ilmu Pemerintahan
    Laboratorium Ilmu Pemerintahan sebagai bagian dari jurusan Ilmu Pemerintahan berusaha untuk menopang proses belajar mengajar jurusan dengan memberikan praktek di laboratorium dan praktek lapang kepada Mahasiswa Ilmu pemerintahan, tujuannya adalah: pertama, agar mahasiswa memiliki kemampuan dasar untuk dapat mengoperasionalkan praktek pemerintahan berbasis teknologi; kedua memberikan pengalaman praktis pada mahasiswa dalam menyusun berbagai program pemerintahan dengan sistem praktikum lapangan; ketiga, memberikan kemampuan dasar bagi mahasiswa dalam menyusun laporan dalam bentuk rekomendasi kebijakan (policy paper).
    Saat ini Laboratorium Ilmu Pemerintahan mulai berorientasi keluar untuk melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga dalam rangka melakukan riset dan mengembangkan praktek kepemerintahan. Kedepan, Orientasi kerjasama antar lembaga untuk melakukan riset, pelatihan dan pengembangan praktek kepemerintahan menjadi acuan laboratorium Ilmu Pemerintahan dalam rangka ikut menciptakan Good Governance khususnya dalam lingkup Pemerintah daerah ( Local Government).
     
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar